Kebutuhan akan air bersih sangatlah vital bagi masayarakat, permasalahan pasokan air bersih sampai saat ini banyak sekali kita jumpai baik diperkotaan maupun di pedesaan. Namun kini dengan adanya teknologi penyaringan air atau filter air yang baik menjadikan permasalahan air bersih dapat diatasi.

Filter air merupakan alat yang dapat memberikan solusi yang cepat dalam penyedian air bersih bahkan layak untuk diminum. Sudah banyak teknologi filter air yang sudah diciptakan untuk berbagai kebutuhan air bersih termasuk kebutuhan air minum.

Namun demikian konsumen perlu mengetahui secara cermat dan jeli sebelum memutuskan membeli filter air, karena banyak filter air yang tersedia itu cocok untuk digunakan. Agar konsumen tidak menjadi sia-sia dalam pembelian filter air, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih filter air antara lain :

  1. Pilihlah Filter Air yang sesuai seperti ukuran, bahan material dan kebutuhan air nya apakah untuk dikonsumsi ataukah hanya dipergunakan untuk mandi dan cuci.
  2. Tes tingkat keasaman air. Dalam memilih filter air yang akan digunakan tentunya harus sesuai dengan konsidi air dilokasi tersebut. Jika kondisi air masih terdapat banyak beragam senyawa kimia, kama pilihlah jenis filter air dengan kondisi air tersebut, hal ini bisa dikonsultasikan kepada penjual filter air tersebut.
  3. Tingkat kebutuhan air. Kita perlu mengetahui seberapa banyak kebutuhan air setiap harinya, misal dalam satu rumah yang mempergunakan air nya banyak maka pilihlah jenis filter air dengan ukuran yang lebih besar.
  4. Teknologi yang digunakan. Teknologi filter air yang digunakan tentunya disesuaikan dengan kebetuhan air bersih, kedalaman air tanah, besarnya area air yang akan di salurkan dan lain-lain